Rabu, 14 April 2010

MAKNA KESUKSESAN



Jika kita mempelajari apa yang kita lakukan saat ini adalah meraih kesuksesan atau keberhasilan, Apa sih keberhasilan itu ? dan Bagaimana cara meraihnya ?

Jika kita berbicara level kita sekarang, apabila kita melihat ke atas kita akan melihat orang-orang yang levelnya ada di atas kita baik dari segi kesuksesan, posisi atau jabatan, harta dan lain sebagainya yang mereka miliki dan tentunya kita tidak memilikinya. Tapi pada saat kita melihat ke bawah, kita hanya melihat diri kita tanpa mensyukurinya, berbangga diri dan sedikit ria. Kita hanya melihat bahwa kita ada di level aman, karena di bawah kita masih banyak juga orang yang belum bisa mempunyai kedudukan seperti kita seperti saat ini.

Lantas apa sih permasalahannya ?

Permasalahnnya adalah ada pada diri kita sendiri, seharusnya kita bisa melihat bahwa Tuhan itu Maha Adil dan Bijaksana. Pada saat kita melihat ke atas kita harus ingat apa yang mesti kita lakukan atau pikirkan. Yang harus kita lakukan pada saat kita melihat ke atas atau melihat orang yang berada di atas level kita adalah kita harus bisa bersyukur pada saat ini kita bisa seperti ini dan kita mempunyai akses untuk bisa lebih naik lagi ke level yang lebih tinggi dari saat ini, karena kita mempunyai modal untuk mengejar level itu yaitu usaha, syaratnya hanya berusaha terus. Seperti apa yang dilakukan oleh orang-orang yang lebih sukses daripada kita saat ini. Mungkin kita masih terlalu dini untuk mengejar orang-orang yang lebih sukses. Kita hanya perlu tau seberapa lama mereka mencapai kesuksesannya itu, dan seberapa beratkah yang mereka lakukan hingga berada di level yang lebih tinggi saat ini?. Nah disini apakah kita sudah melakukan usaha selama itu dan seberat itu?

Dan yang harus kita lakukan pada saat kita melihat ke bawah atau melihat orang yang berada di bawah level kita adalah kita harus bisa bersyukur pada saat ini kita bisa seperti ini dan kita mempunyai sesuatu yang orang-orang yang dibawah level kita tidak punya. Jadi apakah terpikirkan oleh kita bahwa orang-orang itu mempunyai keinginan untuk menyamakan levelnya seperti kita, sangat manusiawi sekali jika orang mempunyai rasa iri atau semacamnya jika melihat orang yang lebih tinggi levelnya. Seperti yang dibahas di atas, kalo kita melihat ke atas pasti ada keinginan untuk menyamakan level kita seperti orang-orang yang ada di atas kita. Nah yang dibahas disini apa yang kita lakukan jika melihat orang-orang yang ada di bawah level kita, apakah kita harus mendukung mereka ? atau membiarkan mereka tetap berada di levelnya? Tidak sedikit orang yang mengabaikan jika melihat orang yang dibawahnya itu sangat butuh dukungan, ya, mungkin karena terlalu membanggakan diri atau karena ria sehingga mereka tidak mau merangkul atau mendukung orang-orang itu.

Lantas bagaimana dong? Apa yang harus kita lakukan ? Ketika kita melihat ke bawah, kita seharusnya bisa mendukung mereka agar lebih giat lagi berusaha, seperti yang kita lakukan untuk mengejar level orang yang ada di atas kita. Bagaimana cara mendukungnya ? salah satunya, mungkin kita bisa memberikan motivasi kepada mereka agar mereka lebih terinspirasi untuk mengembangkan usahanya, atau dengan memberikan masukan-masukkan atau isilahnya berbagi ilmu yang sangat membangun yang sudah pernah kita alami pada saat kita ada di level seperti mereka saat ini. Kalo kita merasa sudah mendukung mereka dan memberikan masukan-masukan kepada mereka selesailah tugas kita, semuanya kita kembalikan lagi kepada mereka yang melakukan dan memutuskan. Apabila mereka mulai berubah, maka kita akan merasa senang sekali karena apa yang kita lakukan untuk membantu mereka sukses. Kalo tidak sesuai dengan harapan, yang kita harapkan adalah jangan ada keputusasaan, mungkin mereka harus berusaha lebih giat lagi. “Kegagalan bukan akhir dari segalanya”.

Setiap usaha dan keputusan yang kita ambil itu semuanya pasti ada resiko. Dan kalau kita sudah melakukan hal yang sama yaitu berusaha dengan gigih dan bersabar dalam waktu yang tidak sebentar, maka kita lihat hasilnya, apakah kita juga bisa seperti mereka. Apakah mereka juga yang dibawah bisa seperti kita sekarang ? Saya yakin pasti sama, walaupun dengan nilai yang berbeda. Apakah bisa kita dikatakan sukses jika kita sudah berusaha seperti mereka, tapi posisi kita tetap berada di level seperti sebelumnya? Dan Apakah bisa dikatakan sukses telah membantu dan mendukung orang-orang yang berada di bawah posisi level kita sekarang ?

Jawabannya adalah kita telah sukses. Baik dalam hal usaha kita menyamakan level terhadap orang yang berada di atas kita, maupun dalam hal usaha membantu dan mendukung mereka yang levelnya masih di bawah kita.

Sepeti kata pepatan “Kesuksesan dilihat bukan dari apa yang kita hasilkan, akan tetapi bagaimana kita meraih apa yang dicita-citakan” itulah makna sukses yang sebenarnya.

Sudah paham bukan ?
Seberapa berat kita melakukan hal yang sulit usaha kita untuk menyamakan level kita seperti orang-orang yang berada di atas kita dan berapa lama kita berusaha.
Seberapa besar keinginan kita untuk membantu orang-orang yang berada di bawah kita?

Keikhlasan dan kesabaran dari usaha kita sungguh besar pahalanya di mata Tuhan. Tuhan Maha Adil dan Bijaksana. Tuhan punya rencana buat kita semua.
Mungkin Tuhan belum memberikan kepercayaan kepada untuk sesuatu yang kita belum mampu menjalankannya.

Saya berharap semoga ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua untuk tetap semangat dalam menjalankan aktivitas yang sekarang ini kita jalani. Ini juga merupakan usaha saya untuk berbagi dan bersama belajar untuk meraih kesuksesan yang sebenarnya.
Kritik dan saran sangat saya harapkan demi perbaikan artikel-artikel saya yang akan datang.

SEMOGA BERMANFAAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar