Senin, 05 April 2010

Belajar Metode Mengetik 10 Jari

Selamat belajar di blog ini, kali ini saya ingin mengajak untuk belajar mengetik dengan tips yang mungkin sudah tidak asing lagi yaitu belajar ngetik menggunakan 10 jari, ada beberapa tips yang perlu di pelajari, yaitu :

1. Niat. Semua tujuan atau keinginan yang hendak kita lakukan jika diawali dengan niat, Insya Allah kita akan melakukannya dengan semaksimal mungkin, karena dengan niat kita akan kuat melakukan apa yang menjadi tujuan dan keinginan, walaupun kita harus menghadapi sedikit banyak kesulitan, makan akan terus mencari jalan keluar demi tujuan kita, dan terus bersemangat untuk mencapainya.

2. Setelah memantapkan niat, siapkan dulu apa yang menjadi kebutuhan kita pada saat mau belajar ngetik, pastinya keyboard, karena keyboard adalah alat yang digunakan untuk mengetik, kalo hanya untuk melancarkan jari kita walaupun tidak menggunakan monitor atau dengan komputer dalam keadaan mati pun tidak masalah, yang penting berusaha dulu untuk merefleks kan jari kita di atas keyboard dan supaya tidak kaku pada saat jari kita menekan huruf-huruf yang ada di keyboard.

3. Berlatihlah dengan menekan huruf yang ada di keyboard, cara belajarnya :



a. Posisikan tangan pada keyboard dengan metode ngetik 10 jari

1) Jari Telujuk tangan kiri di posisi huruf F yang menjadi patokan pula untuk tangan kiri, ditandai dengan benjolan pada huruf F, dan jari yang lain di tangan kiri mengikuti jari tengah ada pada huruf D, jari manis ada pada huruf S dan kelingking ada di huruf A itulah rumus jari untuk tangan kiri.

2) Jari Telujuk tangan kanan di posisi huruf J yang menjadi patokan pula untuk tangan kanan, ditandai dengan benjolan pada huruf J, dan jari yang lain di tangan kanan mengikuti jari tengah ada pada huruf K, jari manis ada pada huruf L dan kelingking ada di ; itulah rumus jari untuk tangan kanan.

b. Untuk huruf-huruf yang lain seperti Q , P, W , V , itu bisa di tekan oleh jari yang ada pada posisi terdekat dan mudah dijangkau, contoh saya menggunakan jari kiri kelingking untuk menekan huruf (Q , Z, dan yang lainnya adalah bisa untuk Tab , Caps Lock , atau Shift posisi kiri) coba sendiri untuk jari yang lainnya di posisi tangan kiri. Begitu juga dengan jari kanan jari kanan kelingking untuk menekan huruf (P , “/’, dan yang lainnya adalah bisa untuk Enter , / , atau Shift posisi kanan) coba sendiri untuk jari yang lainnya di posisi tangan kanan.

c. Pada saat mengetik menggunakan 10 jari pun bisa menggunakan kolaborasi jari kiri dan kanan, misalnya (Shift + A dengan cara Menekan Shift dengan jari kelingking kanan dan A nya dengan jari kelingking kiri. Untuk posisi yang lain bisa dicoba sendiri.

4. Teruslah berlatih melemaskan jari dengan posisi jari yang sudah diajarkan di atas, dengan posisi jari tersebut mampukan jari kita melangkah huruf demi huruf dengan lancar jika belum teruslah berlatih. Media yang mudah untuk melancarkannya yaitu :

a. Mulailah dengan membuat huruf mulai dari A sampai Z terus menerus sampai benar-benar hafal posisi huruf yang ada di keyboard.

b. Apabila sudah hafal buat huruf kebalikannya yaitu mulai dari huruf Z sampai A terus menerus, itu contoh keccil belajar huruf dengan tidak berurutan.

c. Kalo memang sudah benar-benar hafal posisi huruf yang ada di keyboard, belajarlah mengetik 1 kata tapi berulang ulang dengan menggunakan spasi, biasanya kalo untuk pengenalan saya menggunakan kata sambung untuk melancarkan ketikan, contohnya (dengan dengan dengan dengan / dan dan dan dan dan dan dan dan bagaimana bagaimana bagaimana dan yang lainnya). Teruslah mencoba seperti itu.

d. Untuk mencoba kata yang lainnya, ketiklah nama sendiri secara berulang-ulang atau kata yang ada di pikiran anda.

e. Untuk selebihnya kita bisa menggunakan media yang ada di majalah atau catatan pribadi.

5. Kesulitan itu selalu ada dalam hal belajar, salah satu faktor yang timbul dari manusianya adalah malas belajar, pengalaman saya memang belajar ngetik secara 10 jari itu harus konsisten, nah konsisten disini adalah kita harus benar-benar menggunakan jari kita sesuai dengan metode yang sudah ditentukan, dan itu memang sulit, sehingga kesulitan itu yang membuat orang menjadi malas belajar. Jadi konsistensi itu juga sangat penting dalam pembelajaran mengetik 10 jari. Belajarlah pada saat kondisi kita lagi semangat, mudah-mudahan dengan semangat mempercepat kita untuk terus belajar untuk bisa.

6. Teruslah belajar, sabarlah jika memang belum bisa, yang penting jangan putus asa, karena cuman gara-gara putus asa bisa-bisa belajar berhenti di tengah jalan. INGAT!!!!. “Semua Orang Bisa Karena Biasa”, jadikanlah belajar mengetik ini suatu kebiasaan. Bisa itu butuh proses, proses untuk bisa adalah terbiasa dan belajar.

Nah itulah beberapa pelajaran mengetik yang bisa sampaikan, dan untuk lebih lengkapnya bisa dipraktekkan di komputer anda masing-masing itu cara yang lebih jelas untuk mempelajarinya.

Terima Kasih…….

1 komentar:

  1. join d blog aye juga y kang http://ghudangilmu.blogspot.com/

    BalasHapus