Senin, 11 Oktober 2010

MEMBACA PARAGRAF

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu sama lain dan membentuk satu sesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan satu gagasan pokok.
Paragraf umumnya terdiri atas sejumlah kalimat. Kalimat itu saling bertalian untuk mengungkapkan sebuah gagasan sertentu.
Syarat-syarat pembentukan sebuah paragraf
Paragraf yang baik dan efektif harus memenuhi syarat berikut :
a.Kesatuan : semua kalimat secara bersama-sama mendukung satu ide
b.Koherensi : keserasian hubungan antara kalimat satu dengan kalimat lain
c.Pengembangan : ide/gagasan dikembangkan dengan menggunakan kalimat-kalimat pendukung
d.Efektif : menggunakan kalimat-kalimat efektif
Paragraf yang baik pada umumnya terdiri atas gagasan utama dan gagasan penjelas Gagasan pokok atau gagasan utama adalah gagasan yang menjadi landasan pengembangan suatu bacaan. Sedangkan gagasan penjelas adalah gagasan yang fungsinya menjelaskan gagasan utama.
Gagasan utama dijabarkan dalam kalimat utama. Kalimat utama adalah kalimat yang dijelaskan oleh kalimat-kalimat lain. Kalimat yang menjelaskan kalimat lain adalah satu paragraf disebut kalimat penjelas. Dalam kalimat penjelas terkandung gagasan penjelas.
1. Pengembangan paragraf
 Berdasarkan latak gagasan utamanya, paragraf terbagi menjadi :
a. Pargraf deduktif : paragraf yang gagasan utamanya terletak di awal paragraf
Contoh :
Kemauannya sulit untuk di ikuti. Dalam rapat sebelumnya susah diputuskan bahwa dana itu harus disimpan dulu. Para peserta rapat sudah menyampaikan hal itu. Hari ini ia memaksa menggunakannya untuk membuka usaha baru.
b. Paragraf indukatif : Paragrap yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf.
Contoh
Semua orang menyadari bahwa bahasa merupakan sarana pengembangan budaya. Tanda bahasa, sendi-sendi kehidupan akan lemah. Komunikasi tidak lancar. Informasi tersendat-sendat. Memang bahasa alat komunikasi yang penting, efektif dan efisien.
c. Paragraf campuran : Pragraf yang gagasan utamanya terletak di awal dan ditegakan lagi pada bagian akhir.
Contoh :
Buku merupakan sarana utama dalam mencari ilmu. Bagaimana orang bisa mengetahui ilmu dari berbagai belahan dunia. Dari buku pula kita bisa menambah pengalaman. Jelaskan bahwa buku sangat berpengaruh dalam kehidupan, manusia
d. Pengaruh diskriptif : tanpa kalimat utama
Contoh :
Matahari belum tinggi benar. Embun masih tampak berkilau. Warna bunga menjadi sangat indah diterpa sinar matahari.
Untuk mengetahui gagasan utama satu bacaan, dapat pula dengan menggunakan kata-kata kunci. Kata-kata kunci dapat membantu kita dalam mengenali gagasan-gagasan utama bacaan itu. Kata-kata kunci yang dinaksud dapat berupa hal-hal berikut : yang terpenting, pada prinsipnya, inilah, konsekwensinya, terutama, hendaknya diingat bahwa, ringkasannya, dengan demikian, yang perlu dicatat, faktor yang mempengaruhi, jadi, dll.
Berdasarkan tujuannya, paragraf diklasifikasikan sebagai berikut.
a.Paragraf narasi, yaitu paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian dengan tujuan agar pembaca seolah-olah mengalami kejadian yang diceritakan itu.
b.Paragraf deskripsi, yaitu paragaf yang menggunakan sebuah objek dengan tujuan agar pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yanf digambarkan itu.
c.Paragraf eksposisi, yaitu paragraf yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau informasi. Tujuannya agar pembaca mendapat informasi dan pengetahuan dengan sejelas-jelasnya. Dalam paragraf ini juga dikemukakan data dan fakta untuk memperjelas pemamparan.
d.Paragraf argumentasi, yaitu paragraf yang bertujuan untuk membuktika suatu kebenaran, sehingga pembaca meyakini kebenaran itu. Pembuktian ini juga memerlukan data dan fakta yang meyakinkan.
e.Paragraf persuasi, yaitu paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca. Paragraf ini pun memerlukan data sebagai penunjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar