Kamis, 11 Maret 2010

SENI NGETIK 10 JARI


Pelajaran ngetik emang ada di sekolah atau di tempat kursus komputer, karena sekarang ngetik itu sudah ada kurikulumnya apalagi zaman sekarang adalah zaman yang modern, yaitu zaman dimana teknologi itu emang benar-benar dibutuhkan, terutama komputer yang fungsinya banyak dan sudah dikenal oleh kalangan masyarakat. Tapi yang belajar ngetik di luar pelajaran ngetik ada ga yah?

Biasanya kalo ngomongin soal ketikan, ga sedikit orang yang bilang malas, ga kiyeng, bikin ngantuk atau apalah itu. kurang asik juga dengernya, tapi emang begitulah kenyataan. Baru ngeliat konsep yang mau di ketik aja udah ribet banget kadang, apalagi kalo konsepnya itu tulisan tangan yang udah terlihat sedikit sulit untuk dibaca, mau nyalain komputer aja udah males. Ada juga yang bisa ngetik tapi waktunya yang ga ada karena ngetiknya 11 jari akhirnya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan ketikan. Yang ga bisa ngetik tapi pengen bisa ngetik juga banyak, tapi kendalanya ga ada komputer kadang ada komputer ga ada yang ngajarin.

Nah itulah mungkin beberapa kendala soal pengetikan......

Disini semua akan dibahas soal kendala yang disebutkan diatas, dan mungkin ada beberapa tambahan metode ngetik 10 jari.

Hal yang paling utama dalam belajar mengetik adalah memotivasi diri sendiri dulu untuk kenal dan ingin tahu ilmu ngetik itu apa?....

Ilmu ngetik adalah ilmu merangkai huruf dengan cara menekan huruf-huruf yang sudah terangkai pada keyboard (alat yang digunakan untuk ngetik), sehingga menjadi sebuah kata yang nantinya dirangkai kembali menjadi satu kalimat dan jika kalimat itu disusun sesuai dengan alurnya, maka akan menghasilkan sebuah karya tulisan atau buku. Ngetik yang dimaksud disini adalah ngetik yang menggunakan komputer, karena komputer terkenal di masyarakat sebagai salah satu media untuk melakukan pengetikan. Mungkin kalo objeknya ngetik bisa dikatakan di HP (Handphone) juga bisa.

Setelah tahu ngetik itu apa, cobalah untuk memberanikan diri mencoba mencet-mencet keyboard, bisa dengan keadaan komputer menyala atau komputer dalam keadaan mati, tujuannya adalah supaya kita hapal letak huruf yang ada di keyboard dan terbiasa mata kita melihat huruf apa yang dituju, dan apabila mencobanya dalam keadaan komputer menyala, biasanya pengetikan menggunakan program Microsoft Word di situ sudah disediakan lembar untuk mengetik, cobalah sesering yang kamu bisa.

Kalo sudah hapal posisi huruf yang ada di keyboard, akan memudahkan belajar mengetik, karena mata dan perasaan bisa dengan cepat dipadukan. misalnya ketika kita melihat kata yang akan kita ketik, kita bisa merasakan keberadaan huruf yang akan kita tekan. seperti itulah.

Selanjutnya tinggal melancarkan aja, nah untuk belajar melancarkan mengetik, kita bisa memulainya dengan mengetik kata-kata yang ada di pikiran kita, terus saja secara berulang-ulang, atau kalo bosan bisa belajar dengan mengetik kata sambung yang sering digunakan, contohnya "dan", "akan", "bagaimana" terus saja secara berulang ulang, mungkin itu bisa lebih sedikit membantu.

Cobalah dan jagan bosan untuk terus belajar.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar